Close

April 24, 2012

Tips Cantik, Bebas jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Sumbatan bisa terbentuk karena bedak, debu, minyak dll. Jumlah penderita penyakit ini cukup besar dan setiap orang pasti pernah mengalami kulit muka yang berjerawat. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit, selain itu masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres
Jerawat umumnya menyerang para remaja. Remaja yang identik dengan masa pubertas, tentunya memiliki perubahan-perubahan yang terlihat secara cepat, baik itu terlihat secara fisik maupun psikis. Perubahan hormon yang terjadi pada masa-masa peralihan dari anak menuju dewasa, seperti halnya jerawat yang tak dapat dipisahkan dari pertumbuhan seorang remaja. Hal ini disebabkan selama masa pubertas, kelenjar sebasea menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebihan. Kelenjar sebasea adalah kelenjar penghasil minyak di kulit,mengeluarkan lemak yang disebut sebum yang berfungsi melumasi rambut dan kulit. Pada saat remaja, umumnya memiliki keinginan untuk tampil cantik agar percaya diri sehingga senang mencoba hal-hal baru seperti  belajar menggunakan make up dengan  produk untuk rambut atau kosmetik yang mengandung minyak, berpetualang tanpa memikirkan kebersihan dll. Yang akhirnya tanpa disadari timbulah jerawat di wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Bagian tubuh tersebut merupakan daerah dengan jumlah kelenjar minyak fungsional terbesar. Peneliti juga menemukan bahwa wanita tiga kali lebih mudah mengalami jerawat dibanding pria, hal ini disebabkan karena kenyataan kulit muka wanita yang lebih sensitif terhadap aksi hormon di kelenjar minyak.

Faktor-faktor yang turut berperan dalam pembentukan jerawat adalah:
1.    Hormonal
2.    Produksi minyak yang berlebih
3.    Pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur sehingga dapat mengiritasi folikel di kulit
4.    Adanya bakteri
5.    Riwayat keluarga
6.    Makanan
Jerawat yang hinggap di bagian kulit, terutama wajah, terdapat beberapa jenis, yaitu :

1.    Komedo.

 Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2.    Jerawat biasa.

Jenis jerawat ini mudah dikenal,tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3.    Jerawat Batu (Cystic acne).

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar,dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderita jenis jerawat ini memiliki:

•    Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
•    Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
•    Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Agar jerawat segera menghilang dari bagian tubuh kita, maka harus langsung dilakukan pengobatan. Prinsip pengobatan jerawat bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak, mempercepat pergantian sel kulit, melawan infeksi bakteri, mengurangi peradangan atau merupakan kombinasi dari keseluruhannya. Pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan instan, hasil baru dapat terlihat dalam hitungan minggu. Tips dibawah ini membuat jerawat segera hilang dan tidak mengganggu penampilan yaitu :

1.    Mencuci wajah 2 kali sehari

Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit. Jika wajah jarang dibersihkan, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur. Dalam mencuci muka, hal yang harus diperhatikan yaitu jangan menggosok muka secara berlebihan hal ini karena akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah.

2.    Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit

Jika kulit berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda, jerawat akan segera muncul.

3.    Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.

secara alami wajah kita akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat
4.    Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

5.    Minum air putih
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

6.    Gunakan pelembab kulit

Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit dari kulit kering dan pecah2. Gunakan pelembab yang berbahan dasar air, bukan pelembab yang berminyak.

7.    Selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.
Sebelum tidur, sebaiknya muka dalam keadaan bersih agar kulit beregenerasi dengan baik.

8.    Konsumsi sayur dan buah.

sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat tidak akan datang

9.    Tidur yang cukup dan teratur.

Seperti tubuh, kulitpun butuh istirahat. Untuk itu, biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit akan kembali segar.

Walaupun berjerawat membuat kesal, dan tidak percaya diri, tetapi dalam pengobatan harus tetap diperhatikan hal-hal berikut yaitu :

1.    Make-up yang mengandung minyak atau lemak hanya akan memperburuk jerawat yang sudah timbul, produk yang berbahan dasar air atau nonkomedogenik lebih aman dan bersahabat dengan kulit.
2.    Lotion jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida, resorsinol atau asam salisilat dapat membantu mengeringkan kelebihan minyak dan mempercepat pengelupasan.

3.    Paparan sinar matahri ringan dapat menolong, namun paparan yang terlampau berlebihan dapat menyebabkan kerutan dan kanker kulit di kemudian hari.

4.    Infeksi bisa terjadi jika remaja menusuk atau memencet jerawat bahkan dapat menimbulkan bekas. Apabila terjadi luka, dapat mengoleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.

5.    Untuk jerawat menetap (meradang) dapat berkonsultasi dengan dermatologis (dokter spesialis kulit) untuk menghindari terjadinya noda bekas jerawat dan kerusakan kulit lebih lanjut.
Hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah dan mengobati jerawat yaitu dengan melakukan pola makan yang sehat. Dari makanan tersebut, mengandung zat-zat kimia alami yang membantu menghilangkan dan mencegah jerawat sehingga kulit terlihat cantik. Jenis–jenis yang dimaksud yaitu :

1.    Vitamin A

Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik.

2.    Zinc

Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Zinc ditemukan pada almonds, kacang-kacangan, atau daging.

3.    Vitamin E dan C

Antioksidan dalam vitamin E dan C memiliki efek menenangkan pada kulit. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sementara vitamin E didapat dari kacang, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

4.    Selenium

Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Penelitian juga menyebutkan, bersama vitamin E selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber selenium antara lain daging salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah.

5.    Omega 3

Asam lemak omega-3 mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi yang memicu gangguan kulit. Sumber omega-3 terbaik adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, dan kacang-kacangan.

6.    Air
Air akan membantu menghidrasi tubuh dan melembabkan kulit. Konsumsi air yang cukup juga menghilangkan toksin yang memicu masalah kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *