Close

Desember 10, 2012

Tips Awet Muda

Semua wanita pingin awet muda dan cantik sehingga salon kecantikan menjadi begitu menjamur dan laris manis, dari mempercantik ala tradisional sampai yang menggunakan bahan kimia. Mulai sedikit kaum hawa yang mau bersusah payah merawat kecantikan ala putri keraton jaman dulu yang membutuhkan waktu lama.

Ada satu kunci yang dilupakan kaum hawa bahwa kecantikan dan kemudaan ditunjang oleh ketersediaan kolagen dalam tubuh kita, ketika usia bertambah maka jumlah kolagen semakin menurun. Ketika kolagen turun kulit kita menjadi kering dan keriput, makin sedikit kolagen dalam tubuh makin keriputlah kulit kita. Terus bagaimana cara mempertahankan kolagen dalam tubuh kita. Ada bebrapa cara yang bisa kita tempuh, sebagaimana artikel lifestrong yang dikutip detikhealth dan kusajikan sebagain di blog ini.

Berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kolagen kulit, seperti dilansir Livestrong, Senin (7/3/2011).

1. Menghindari makanan asin dan minuman berkafein
Garam dapat menyebabkan tubuh mengikat molekul air lebih banyak, sehingga cairan tidak dapat mengalir dengan mudah ke bagian tubuh yang berkulit tipis. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan pada dermis (permukaan kulit). Ketika serat kolagen menjadi kering ia akan mudah rusak.

Untuk itu, batasi makan makanan yang mengandung garam tinggi dan juga minuman berkafein. Buat menu makanan yang lebih baik dan perbanyak makan sayur dan buah untuk membuat kulit tetap segar.

Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya minum 8 gelas setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat. Air putih diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat.

2. Tingkatkan sirkulasi darah dengan olahraga
Olahraga dapat mencegah lemak terakumulasi di bawah lapisan subkutan kulit. Lemak yang menumpuk nantinya dapat merusak kolagen, yang akan menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Meningkatkan sirkulasi darah dengan olahraga dilakukan dengan mengubah gula menjadi energi, sehingga mencegah penumpukan lemak di bawah kulit. Setidaknya lakukan 30 menit olahraga setiap hari.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah peradangan sel. Ketika sel lemah, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen secara efektif. Asam lemak omega-3 akan memastikan sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk membangun kolagen.

Makanan yang banyak mengandung omega-3 misalnya seperti salmon, sarden, walnut, hazelnut atau kacang mede. Suplemen omega-3 juga tersedia dalam bentuk kapsul.

4. Banyak konsumsi vitamin C
Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa studi menunjukkan makanan yang kaya vitamin C mempromosikan kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

5. Banyak konsumsi vitamin A

Menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

Makanan kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

6. Banyak konsumsi makanan yang mengandung AHA
Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatology di Cleveland Clinic Foundation menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu semuanya mengandung AHA.

7. Gunakan tabir surya
Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *