Beranilah Bermimpi Karena Mimpi Adalah Awal Dari Pencapaian Tujuan

Beranilah Bermimpi Karena Mimpi Adalah Awal Dari Pencapaian Tujuan

(oleh: Henely Claresta)

 

“Tidak peduli dengan terjal dan tingginya gunung yang harus didaki, untuk mencapai puncak, dakilah dengan keyakinan. Tidak peduli dengan luas dan berombaknya lautan, untuk mencapai tujuan, berlayarlah dengan keberanian. Apapun mimpi yang kita miliki, berupayalah dengan penuh keyakinan dan keberanian. Pastinya mimpi kita akan menjadi kenyataan”

(Henely Claresta)

Di waktu kecil, sangat mungkin kita pernah membayangkan ingin menjadi apa dan memiliki masa depan seperti apa kita di kemudian hari. Umumnya, saat kita masih kecil, pernah ditanya oleh guru atau orang tua kita, apa cita-cita yang ingin dicapai saat kita dewasa nanti. Dengan kepolosan kita sebagai kanak-kanak, kemungkinan yang terbayang saat itu adalah orang-orang dewasa dengan pakaian pilot, polisi, dokter, guru dan lain sebagainya.

Sebetulnya saat kecil, kita sudah memiliki mimpi. Malahan dengan pikiran polos seorang kanak-kanak, kita lebih berani bermimpi daripada setelah kita menjadi dewasa. Tidak sedikit dari kita yang kehilangan arah setelah dewasa. Jangankan keberanian untuk bermimpi, untuk melangkah pun kadang kita tidak berani. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya usia, berbagai kejadian dan pengalaman yang kita alami telah mengikis kepercayaan diri kita untuk berani bermimpi, atau bahkan meruntuhkan mimpi yang pernah kita miliki.

Sangat mungkin kita pernah mengutarakan mimpi kita namun dianggap terlalu muluk oleh orang-orang lain. Mungkin juga kita mengalami masa-masa sulit di saat mengejar mimpi kita. Atau bisa jadi kita hampir mencapai mimpi kita namun dihancurkan oleh orang lain. Berbagai pengalaman buruk inilah yang kemudian membuat kita menjadi tidak percaya diri bahkan menyerah dalam mengejar dan meraih mimpi kita.

Tidak ada yang pasti dalam kehidupan ini. Masa depan bukanlah sesuatu yang bisa diramalkan dengan persis dan tidak ada jaminan bahwa kenyataan akan berjalan sesuai dengan impian kita. Meskipun demikian, dengan memiliki cita-cita bahkan mimpi, akan menciptakan semangat bagi kita untuk terus maju bahkan berkarya dalam kehidupan ini. Mimpi kita akan memunculkan dorongan emosi dari pikiran bawah sadar kita yang akan memacu kita untuk mampu terus berupaya, bergerak maju, siap menghadapi tantangan, dan tangguh dalam menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan.

Kesuksesan dalam menggapai mimpi bukan hanya datang dari faktor ketekunan, keterampilan, ataupun kelebihan lain yang kita miliki. Ada banyak faktor yang mendukung pencapaian mimpi kita. Salah satunya yang paling penting adalah kekuatan pikiran kita. Jika pikiran kita mampu kita arahkan dengan benar, akan menjadi kekuatan besar dalam meraih apapun yang kita impikan. Tidaklah mengherankan bahwa banyak kesuksesan orang-orang besar seringkali lahir dari mimpi mereka yang besar pula.  Mimpi besar mereka tercipta dari kekuatan pikiran mereka.

Milikilah pikiran positif dan berfokus kepada kelebihan sehingga kita lupa dengan berbagai kekurangan atau keterbatasan kita. Banyak contoh kesuksesan orang besar yang lahir dari mimpi besar mereka meskipun sebetulnya mereka memiliki kekurangan dan keterbatasan. Bahkan di antara mereka, ada yang sempat terjatuh namun bangkit lagi demi mimpi mereka.

Bill Gates pada masa mudanya bukanlah seseorang yang cerdas dan terampil. Bahkan Bill Gates merupakan penderita disleksia sehingga sering gagal dalam beberapa ujian mata pelajaran. Namun kita mengenal bahwa sejak bertahun-tahun yang lalu hingga hari ini, Bill Gates yang merupakan pemilik Microsoft adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Agatha Christie di masa kecilnya sering mengalami perundungan (bullying) dan mendapat predikat anak bermasalah karena sering mengalami kendala di bidang akademik. Kini Agatha Christie dikenal sebagai salah satu pengarang novel misteri terkaya dan terlaris di dunia.

Stevie Wonder adalah musisi yang matanya buta sejak lahir. Namun Stevie Wonder diingat sebagai musisi legendaris yang sangat terkenal dan sukses dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Steve Jobs pernah mengalami masa-masa terpuruk dan mimpinya untuk mengembangkan “Apple Computer” sempat runtuh karena diberhentikan dari perusahaan yang sebetulnya dibangun oleh dirinya. Namun beberapa tahun kemudian, Steve Jobs kembali ke perusahaan “Apple Computer” lalu mengembangkannya dengan sukses sehingga Steve Jobs mendapat kedudukan dan saham yang bahkan lebih besar dari sebelumnya.

Pengusaha terkenal dunia asal Tiongkok, Jack Ma, dulunya sering mengalami penolakan saat melamar pekerjaan. Bahkan lamaran Jack Ma bisa ditolak berkali-kali oleh perusahaan yang sama. Kini Jack Ma telah menjadi pemilik bisnis Alibaba yang usahanya sudah eksis di berbagai negara dan memiliki kekayaan pribadi yang sangat besar.

Mereka yang berani bermimpi dan berusaha keras mewujudkannya, akan sukses dengan segala kelebihan dan keterbatasan yang ada. Sebuah mimpi yang kita pegang dan yakini, akan membuat kita mampu melangkah dengan penuh harapan dan semangat. Memang tidak akan mudah mencapai cita-cita yang kita impikan. Setiap hal besar yang ingin dicapai, memerlukan lebih dari sebuah perjuangan, kadang memerlukan banyak pengorbanan. Namun, dari perjalanan kehidupan yang penuh perjuangan dan pengorbanan inilah akan tercipta banyak pengalaman dan pelajaran, yang akan mampu membuat kita terus bertumbuh menjadi pejuang kehidupan yang lebih pintar dan tangguh dalam meraih mimpi.

Ingatlah bahwa jika kita tidak berani bermimpi, keberadaan kita di kehidupan ini hanya akan menjadi penonton dari orang-orang sukses yang mampu mencapai impian mereka, atau kita terus bekerja untuk mewujudkan mimpi orang lain.

Pilihan sepenuhnya ada pada diri kita, ingin sukses meraih mimpi sendiri atau menjadi penonton kesuksesan mimpi orang lain, atau bekerja untuk mewujudkan mimpi orang lain.

2 thoughts on “Beranilah Bermimpi Karena Mimpi Adalah Awal Dari Pencapaian Tujuan”

  1. Sebuah tulisan yang memberikan fakta-fakta bahwa perjuangan merupakan sebuah usaha yang tidak pernah berhenti, sangat inspiratif. Semoga masih ada topik-topik seperti ini yang menampilan kisah-kisah bermanfaat untuk banyak orang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *