“Berpisah Sebentar secara Sengaja Membawa Kebaikan”

“Sometimes two people have to fall apart to realize how much they need to fall back together.”

“Terkadang dua orang harus berpisah untuk menyadari betapa berharganya bagi mereka untuk kembali bersama.”

                                        ~ Anonim ~      

Berpisah Sebentar secara Sengaja Membawa Kebaikan

(oleh: Toni Yoyo)

Dua orang yang memutuskan untuk resmi berpasangan harus siap menjalani hidup bersama. Namun kebersamaan dalam hidup berpasangan dan berkeluarga bukan berarti harus selalu bersama-sama secara fisik sepanjang waktu dalam segala situasi dan kondisi. Antar dua orang yang berpasangan harus berbagi tugas, kewajiban, dan tanggung jawab. Oleh karenanya, kadang kala keduanya harus terpisah untuk menjalankan bagiannya.

Kadang-kadang berpisah secara fisik dengan pasangan itu malah harus dilakukan secara sengaja. Berpisah sebentar secara sengaja dapat mempertahankan kehangatan hubungan antar dua orang yang berpasangan. Kerinduan kecil yang timbul dari berpisah sebentar, yang mana keduanya biasa selalu bertemu dan berdekatan, dapat membuat pertemuan kembali begitu diharapkan.

Berpisah sebentar secara sengaja juga bisa menjadi obat bagi hubungan kurang baik yang mungkin telah terjadi sebelumnya. Berpisah sebentar yang umum dalam keseharian, biasanya dikarenakan salah satu atau keduanya harus bekerja atau melakukan kegiatan atau terlibat dalam komunitas yang berbeda. Begitu pula dengan aktivitas-aktivitas lainnya yang tidak dilakukan bersama.

Berpisah sebentar secara sengaja, yang memang dirancang atau direncanakan, berbeda dengan berpisah sebentar yang umum dalam keseharian. Kadang-kadang yang dibutuhkan bukan hanya berpisah sebentar dalam keseharian yang sudah merupakan rutinitas. Yang betul-betul dibutuhkan adalah sengaja menjauh sejenak atau memberikan waktu jeda di antara berdua yang bukan termasuk rutinitas. Tujuannya untuk menyegarkan diri sendiri secara fisik sekaligus untuk menyegarkan kembali hubungan dengan pasangan.

Berpisah sebentar secara sengaja termasuk di antaranya adalah menonton atau makan sendiri di luar. Bisa juga berlibur tidak bersama dengan pasangan di mana salah satu di antaranya dapat berlibur dengan sekadar menghabiskan satu akhir minggu di kota lain terdekat. Atau mungkin melakukan perjalanan lebih jauh ke tempat teman lama atau keluarga dan menikmati kebersamaan yang jarang terjadi dengan mereka. Mungkin juga melakukan perjalanan religius atau rohani untuk menyegarkan aspek spiritualitas kita.

Keterpisahan sejenak memiliki kemampuan besar untuk meninjau hubungan dengan pasangan dalam perspektif yang tepat. Keterikatan berpasangan akan menjadi lebih obyektif jika diamati dari luar dalam kondisi yang lebih tenang dan bebas dari emosi. Mungkin saja kita kemudian mengakui bahwa kita telah merespon atau bereaksi secara berlebihan kepada pasangan. Jika ini terjadi, teguhkan tekad untuk memperbaikinya dan memotivasi diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi pasangan kita ke depannya.

Pertemuan kembali dengan pasangan setelah berpisah sebentar secara sengaja dapat mengobati kerinduan. Juga bisa mengingatkan kembali kepada masa-masa indah dan menyenangkan sebelum dan di awal berpasangan dulu. Masing-masing akan diingatkan kembali dengan sifat dan keunikan pasangannya yang dulu membuat dirinya tertarik, yang selama ini sempat terlewatkan dengan berjalannya waktu. Antar dua orang yang berpasangan juga bisa diingatkan kembali bahwa keduanya seharusnya berbagi kehidupan, baik dalam suka maupun duka untuk mencapai kebahagiaan bersama.

Tentu saja konsep berpisah sebentar secara sengaja ini harus dipahami dengan baik oleh dua orang yang berpasangan sehingga sewaktu dipraktikkan dapat menghasilkan dampak positif yang maksimal.

Ingatlah wahai couples, berpisah sebentar secara sengaja dapat mempertahankan kehangatan hubungan berpasangan dan berkeluarga. Selain itu, hubungan di antara keduanya dapat menjadi lebih obyektif jika diamati dari luar saat berpisah sebentar. Kerinduan kecil yang timbul dari berpisah sebentar, dapat membuat pertemuan kembali begitu menyenangkan.

“Kehangatan hubungan dapat dipertahankan dengan berpisah sebentar secara sengaja. Hubungan antara dua orang yang berpasangan dapat lebih obyektif jika diamati dari luar saat berpisah sebentar. Kerinduan kecil yang timbul dari berpisah sebentar, dapat membuat pertemuan kembali begitu menyenangkan.”

~ Toni Yoyo ~

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *